Dasar pembuatan game dengan Flash. bagian 2:Akselerasi Gerakan

18 Comments

AKSELERASI

Tutorial berseri ini adalah lanjutan dari bagian 1 sebelumnya yang membahas tentang kontrol dan gerakan dasar pesawat.

Sejauh ini, gerakan yang terjadi sangatlah mendasar dan terasa kurang realistis.. masih terasa ada hal yang kurang, yaitu akselerasi..
Biar pengontrolan pesawat lebih realistis sekaligus menambah kesulitan game, maka kita terapkan akselerasi dalam pergerakan. untuk itu kita harus sedikit mengingat kembali pelajaran fisika.. heh?,
tenang aja fisika yang dipake mendasar kok..

Nantinya hasilnya akan seperti berikut ini (gunakan tombol panah untuk menggerakkan pesawat):

Read the rest of this entry »

Tutorial HTML dan CSS : Membuat daftar link pada footer

16 Comments

Tutorial kali ini, berupa studi kasus bagaimana cara membuat footer seperti yang terlihat pada banyak situs-situs pada umumnya. Seperti gambar berikut ini:

Tampak sederhana kan. Tetapi yang difokuskan disini adalah penyusunan daftar link pada footer. Dalam kasus ini, penggunaan unordered list (tag <ul></ul>) lebih dianjurkan untuk struktur yang lebih semantik.

Read the rest of this entry »

Mengatasi masalah warna gambar PNG yang berubah di IE

No Comments

Ketika bekerja dengan PNG, terkadang format ini tampil berbeda pada IE dibanding dengan browser lainnya..
Di IE (ditest dengan IE 5.5,6,7) Warna png sedikit melenceng, yaitu lebih gelap. Tentu merepotkan jika kita akan memadukannya dengan bagian gambar lain yang harusnya sewarna. hasilnya akan tampak janggal.. Seperti contoh berikut:

gambar diatas menunjukkan warna pada file png yang seharusnya #2D2D1F ketika dirender di IE, berubah jadi #242417…akibatnya warna jadi tidak pas dengan gambar diatasnya…
Stelah coba cari tau, ternyata hal ini Disebabkan pada file PNG terdapat informasi gAMA, yang diinterpretasikan berbeda oleh IE ketimbang yang seharusnya..
Itulah kenapa cuman di IE warnanya jadi lebih gelap..
Untuk mengatasinya, ada 2 solusi yg bisa dipilih:
Solusi pertama, Gunakan format lain, Jika anda tidak membutuhkan kemampuan khusus milik PNG, maka gunakan format .jpg atau .gif.
Solusi kedua, Jika tidak memungkinkan memakai format lain, misalnya membutuhkan kemampuan alpha transparency yang halus milik format png24 (seperti kasus saya), maka kita bisa memperbaiki file png nya..
menurut tutorial ini atau ini, kita bisa menggunakan tool TweakPNG (gratis, lisensi GPL).
caranya sederhana, yaitu cukup dengan membuang informasi gAMA dari file PNG. Buka file PNG, pilih baris gAMA lalu delete…

masalah pun terselesaikan… :-)

Dasar pembuatan game dengan flash. bagian 1

26 Comments

PENDAHULUAN

Catatan Penulis : Artikel ini aselinya ditulis pada 2006 tapi belum sempat dipublikasikan. Topiknya adalah dasar membuat game dengan Flash dan ActionScript 1. Flash yang dipakai adalah Flash MX (Flash 6) dengan ActionScript versi 1.0. Karena ketika itu ActionScript 2 (apalagi AS3), belum muncul. Walaupun menggunakan flash versi lama, artikel ini tetap bisa diterapkan di versi flash terbaru: CS3, CS4. Sehingga masih relevan untuk dipelajari, terutama bagi pemula :-)

Artikel ini membahas tentang pembuatan game di Flash. Dengan pendekatan langsung praktek dan step-by step. membuat game sederhana bertipe space shooter atau 2D vertical shooter atau Shoot ‘em up. Sebuah jenis permainan yang sudah dikenal semua orang sejak zaman dulu.. masih inget khan ama game 1942 di mesin Arcade atau Raptor zaman DOS dulu?
Tiap2 step dari arikel ini disertai source code fla tersendiri, sehingga anda bisa mengikutinya dengan runtut. Karena setiap step akan membuat file sorce bertambah kompleks dengan modifikasi dari file source sebelumnya.

Mengapa dipilih game bertipe space shooter? Alasannya karena konon dari sisi teknis game tipe ini adalah game action seru yang relatif termudah untuk diimplementasikan.
Bagi pemula, semoga artikel ini dapat membuka wawasan tentang flash gaming.

Flash yang digunakan dalam artikel ini adalah Macromedia Flash MX. Dengan bahasa pemrograman ActionScript 1.0
Sebelum membaca artikel ini, setidaknya anda telah mengenal dan memiliki pengetahuan flash dasar, serta lebih baik lagi adalah pengetahuan dasar ActionScript. Karena inti pembuatan flash game adalah pemrograman ActionScript.

Artikel dibuat berseri sesuai dengan tingkatan. Untuk seri pertama (bagian 1).Akan dijabarkan dasar pembuatan game pesawat dengan gerakan dasar.

Dan untuk pertanyaan, ada yang kurang jelas, kritik, saran, masukan silakan tulis lewat kotak komentar di bawah. Marilah kita belajar bersama..

Ok langsung saja kita mulai.

Read the rest of this entry »

Mengenal Silverlight

12 Comments
Silverlight Logo

Silverlight Logo

Microsoft Silverlight, Sebelumnya si aku ga terlalu memperhatikan kehadirannya, sebagai pemakai Flash, aku hanya sebatas tahu bahwa Silverlight adalah tandingan Flash dari Microsoft.
Tapi karna belakangan ini disuru belajar Silverlight, mau ga mau jadi harus kenalan deh ama teknologi yang satu ini.. lama ga nulis di blog ini rasanya pengen komen dikit tentang kesan pertama mengenalnya..

Flash vs Silverlight

Kita tentu tau, untuk urusan web multimedia, Sekarang ini Flash mendominasi di internet, bahkan seakan udah menjadi standar. Kalo lagi browsing, dimana2 dengan mudah Kita bertemu flash.. mulai dari banner iklan, nonton youtube, game2 flash yang lucu2, chatting pake Yahoo, aplikasi web, dan situs2 lainnya..

Diliat sekilas, silverlight emg menyerupai flash.. mulai dari wujud playernya yang ditanem sebagai plugin browser, hingga penampilan aplikasi2 demo nya memiliki fitur2 andalan flash, mulai dari animasi vector, playback multimedia, interaktifitas, dll…

Silverlight menantang Flash

Kalo Adobe Flash yang aselinya untuk web sekarang merambah aplikasi desktop dengan Adobe AIR nya, maka Microsoft juga melebarkan sayap .NET nya menuju platform multimedia untuk web.
Jadi dominasi Flash di bidang web multimedia and RIA (Rich Internet Application) mendapat tantangan dari Microsoft dengan Silverlightnya, bukan cuman dari Microsoft, flash juga dapet lawan dari Sun dengan Java FX.. Semua berharap bisa menjadi flash killer..

Kalo Silverlight pengen sukses, baik kalangan developer maupun artist harus sama2 mendapat kenyamanan. Bagi developer, mungkin tidak perlu diragukan, Microsoft memiliki komunitas & pengaruh yang sangat kuat di bidang ini. Tapi untuk bisa sukses mengimbangi dominasi Flash, Microsoft juga wajib merangkul komunitas kreatif (seperti desainer, animator, dll)..

Untuk itu, Microsoft merilis Microsoft Expression, suite aplikasi yang ditujukan bagi para artist. Walaupun begitu, Masih rada susah si membayangkan Microsoft Expression akan bisa mengalahkan jajaran Adobe CS mengingat rivalnya itu udah solid, matang dan bahkan udah jadi standar industri sejak lama..

kita lihat saja apakah teknologi2 baru tersebut bisa menggoyahkan dominasi flash.

Silverlight terikat erat dengan .NET. Sejak versi 2, kita bisa memprogram Silverlight dengan bahasa2 .NET kayak C#, C++ VB, dll..
Hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi penyebaran Silverlight, karna programmer .NET jumlahnya banyak banget.

Kalo di Flash, bahasa resminya adalah ActionScript, yang pemakainya tentu tidak sebanyak developer .NET.. Untungnya, ActionScript 3 tampak mirip2 bahasa2 C# atau Java..
Adobe juga sejak lama berusaha memperluas komunitas developer Flash dengan merilis Flex SDK dengan gratis..

Belajar Silverlight

Saat ini resource untuk belajar udah lumayan banyak, Salah satu start yang bagus untuk memulai belajar silverlight adalah situs resminya, silverlight.net,
Disitu banyak demo aplikasi yang keren2 dan indah2 :-D yang berusaha memamerkan semua yang Silverlight bisa.

mulailah dari halaman Get Started

Untuk bikin aplikasi Silverlight, Requirementnya lumayan juga, disitu disebutkan anda memerlukan setidaknya Visual Studio 2008 (ato versi gratisnya, bernama Visual Web Developer Express 2008) plus SP 1 serta Microsoft Expression Blend untuk memudahkan pembuatan desain dan animasinya.
Expression Blend itu versi trialnya gratis selama 60 hari.. lumayan lah buat nyoba2..

Setelah proses install2 yang cukup makan waktu, akhirnya kita bisa siap bermain dengan Silverlight.

Rasanya postingan ini udah cukup panjang untuk pengenalan, Ntar Bersambung deh… :-D

Gambar : Silverlight logo © by Microsoft

Nokia 6275i sebagai external GPS untuk PDA

6 Comments

Nokia 6275i untuk saat ini masih merupakan hp CDMA terlengkap sekaligus hp ber-GPS termurah..
tapi.. sayangnya tidak ada killer-apps untuk menunjang fasilitas GPS nya.. hp ini tidak pake symbian.. tidak ada Nokia Maps pula.. Secara default, yang ada hanyalah program GPSInfo berbasis Java MIDP 2.0.

biar GPS nya termanfaatkan dengan maksimal, program GPS Info jelas ga cukup, karena aplikasi ini tidak memiliki peta.. Untuk itu, anda bisa mencoba beberapa alternatif aplikasi berbasis Java untuk GPS, yaitu Trekbuddy dan gMaps..

Namun, kalo hp ini diperhatikan fiturnya.. GPS ada, Bluetooth ada, Java ada, aku jadi mikir apa bisa hp ini dijadiin External GPS untuk PDA ato laptop?..kalo bisa disambung ke PDA, wah.. asyik sekali tuh, karna tentu saja di platform pocket pc banyak software GPS yang keren2..Garmin, Nav n Go, Nusamap, dll.. (sedangkan pda yang built in GPS harganya mahal bgt..)..
dan..horee.. ternyata ada aplikasi MIDP untuk keperluan ini \:-)/ .. Namanya ExtGPS. Kalo liat situsnya, Awalnya program ini dibuat untuk ponsel nokia ber-gps semisal Nokia N95, dll
Pas dicoba di 6275i dan dihubungkan ke iPAQ 6365 + software GPS Nav n Go, eh, semua ternyata jalan..

Begini caranya : Nyalain bluetooth dan jalankan ExtGPS.. di program ini ada 2 indikator, yang pada awalnya keduanya berwarna merah. yang pertama adalah status koneksi ama satelit, dan yang kedua adalah status koneksi bluetooth..
Jika udah menemukan dan mengunci satelit, maka indikator pertama berwarna ijo.. demikian pula jika udah dipairing ama pda, indikator kedua berwarna ijo.
langkah selanjutnya adalah pairing ama PDA. bikin hubungan baru..
kebetulan di Nav n Go bisa pilih auto.. Jika ingin manual, terdapat pilihan Port ama baud rate.

sejauh ini udah dicoba jalan2 Kuta-Denpasar.. dan Sanur :-D lumayan juga.. bisa memandu kita biar ga kesasar.

tetapi aku gak tau apa gps hp ini bisa dipairing ke hp lain.. kalo bisa wah asyik tu..
itulah yang membuat Nokia 6275i ini masih worth it untuk dibeli..

Bikin wordpress theme baru

4 Comments

Kali ini nyobain bikin theme baru.. yang simple2 aja namun rapi dan elegan (halah)…
emang temanya minimalis.. hampir no images, kcuali untuk logo ama faux-background aja.
Sejak lama aku adalah penggemar fixed-width layout, dengan ukuran SVGA-friendly, yaitu resolusi 800×600. Mengingat saat ini resolusi itu udah jarang dipake, udah masuk jaman resolusi 1024 keatas. maka daripada dibilang ketinggalan jaman (huehe), aku mencoba buat yang lebih lebar..
Tapi.. aku ga mau memperlebar area konten utama, alesannya, teks yang terlalu lebar kurang enak dibaca. Itu salah satu aturan usability di web.. Jadi untuk mengisi ruang, sidebarnya aja ditambah..

jreng.. jadilah theme wordpress 3 kolom dengan 2 sidebar.. :-)

langsung pake…

Bikin Gambar Gedung efek 3d pake Flash

5 Comments

Tutorial kali ini udah lama ditulis, tapi baru dipublikasikan sekarang.. adalah membuat gambar gedung berefek 3d sederhana. cocok bwat background gambar bergaya kartun ataupun desain lainnya.. Software yang digunakan adalah Macromedia/Adobe Flash. Bisa juga pake software pengolah vektor lainnya. Tapi artikel ini spesifik untuk Flash.

Yuk mari kita mulai…         Read the rest of this entry »

Flash Pie Chart (bPieChart)

2 Comments

bPieChart adalah pie chart menggunakan flash-actionscript.

bPieChat ini dapat menampilkan piechart dari data yang diberikan lewat parameter melalui file html yang meloadnya.
Awalnya skrip ini dibuat untuk dipasang pada aplikasi sistem informasi yang web-based, digunakan untuk menampilkan grafik pie chart dalam laporan (report-nya) tanpa memerlukan library grafik tambahan pada server.


Selama ini pembuatan grafik biasanya menggunakan library pada server side, misalnya GD pada PHP.
bPieChart ini merupakan alternatif tanpa memerlukan library grafik tambahan… portabel, just embed it into html dan kasih parameter untuk menampilkan data nya..

Silakan download file berisi source code, swf dan contoh html-nya. lisensi GPL, silahkan tambahkan sesuai kebutuhan

download source code & sample

Program Enkripsi-Dekripsi File Teks Menggunakan bahasa Assembly

15 Comments

Tutorial kali ini berasal dari tugas saat aku ngambil mata kuliah bahasa assembly. Sengaja ditampilkan di situs ini untuk disharing bagi yg sedang belajar assembly, khususnya for Linux, karena yang digunakan adalah kompiler NASM.

Yaitu tentang pembuatan program yang kegunaannya untuk mengenkripsi sekaligus juga mendekripsi file teks.. pengacakan dilakukan berdasarkan sandi/kata kunci tertentu.
Pertanyaannya kenapa dibikin pake assembly?, toh pake C kan lebih mudah.. alasannya karena emang tugas bwat mata kuliah assembly.. dan juga konon program hasil bahasa assembly pastinya berjalan lebih cepat. hal ini emang terbukti..

Tidak seluruh program dalam artikel ini dibikin pake assembly, melainkan hanya sub program nya saja. Yaitu pada fungsi enkripsi-dekripsinya saja. Sedangkan sisanya, termasuk program utama dibikin pake C dengan interface Linux-style yang khas.. yaitu command line mode..

Sebelum meneruskan setidaknya anda harus membaca referensi berikut, sebagai pengetahuan dasar dan referensi utama:

  • E-book PC Assembly Language karya Paul A. Carter. Format pdf bisa didownload gratis, cari aja di google (aku lupa situsnya). buku ini bagus banget. bagi yg belajar PC assembly, must have deh..
  • tutorial mengenai dasar bahasa C di Linux dan kompiler GCC. Lalu baca juga referensi fungsi getopt, ketik man getopt

Listing program disini bersifat open source (GPL lah..) and mengandung banyak keterangan & komentar yg mudah2an membantu memahaminya..

Read the rest of this entry »